Media Sosial

Media sosial, apakah itu?

Banyak orang menyingkatnya menjadi ‘medsos’ apa itu sebenarnya medsos? Media sosial adalah sarana komunikasi didunia maya (internet) dimana para penggunanya (user) dengan mudah bisa saling berinteraksi, berbagi dan bertukar informasi tanpa dibatasi tempat dan waktu. Adapun karakteristik atau ciri-cirinya adalah sebagai berikut: 

Pesan bisa disampaikan untuk lebih dari satu orang atau umum (banyak orang).

Pesan yang disampaikan bebas.

Pesan bisa disampaikan dengan cepat.

Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.

Pertumbuhan media sosial dewasa ini sangatlah cepat hal ini karena beberapa faktor, diantaranya adalah: 

Dukungan perangkat yang relatif murah, anda bisa mengakses medsos darimana saja walaupun dengan modal smartphone murah sekalipun

Kebutuhan manusia untuk memposisikan dirinya dalam kehidupan sosial

Keinginan untuk selalu up to date atau menjadi tidak ketinggalan jaman ataupun berita didalam era digital ini
Pertumbuhan media sosial yang luar biasa cepat tentunya membawa beberapa dampak dalam kehidupan kita, baik itu positif ataupun negatif. Dibawah ini akan kita ulas dampak-dampak tersebut:

Dampak Positif

Mempererat hubungan sosial, hal ini karena dalam media sosial kita tidak mengenal batasan tempat dan waktu, sejauh apapun kita dapat langsung berinteraksi dengan teman, saudara maupun keluarga.

Menambah pengetahuan dan memperluas sudut pandang kita, dengan membaca berita-berita dari berbagai penjuru dunia, membaca sejarah dan budaya dari berbagai belahan dunia, dan lain-lain akan mengembangkan opini-opini baru serta membantu kita dalam memahami dan memperluas sudut pandang kita.

Menyediakan informasi secara cepat, tepat dan akurat (dengan sumber yang bisa dipercaya) kita dapat mencari pekerjaan, beasiswa, sekolah, dan sebagainya. Demikian pula sebaliknya bisa menjadi sarana untuk berpromosi akan produk dan jasa yang kita miliki.

Menyediakan solusi ataupun pesan-pesan moral yang dapat bermanfaat bagi kehidupan sosial kita, dimana sekarang banyak motivator-motivator maupun pemuka agama yang berbagi pesan dalam media sosial.

Menyediakan berbagai informasi, kadang yang paling konyol sekalipun. Apabila kita membutuhkan informasi darurat dan malu bertanya atau tidak tahu harus bertanya pada siapa kita bisa mendapatkannya melalui media sosial.
Dampak negatif

Dengan kemudahan berkomunikasi dalam dunia maya (media sosial) membuat generasi muda menjadi malas berkomunikasi dalam dunia nyata, sehingga mereka terbentuk menjadi pribadi yang egois atau cenderung mementingkan diri sendiri.

Banyak penipuan yang bisa dilakukan dalam dunia maya karena tidak adanya keperluan untuk mengenal secara fisik satu sama lain.

Pornografi semakin merajalela dengan tidak adanya batasan informasi dalam media sosial.
Itulah dampak-dampak media sosial dalam kehidupan kita. Kita tidak bisa menolak dan menghambat kemajuan teknologi. Semua hal didunia pasti membawa dampak positif dan negatif. Hanya kita yang dapat menentukan dan memilih gaya hidup kita, maka pilihlah dengan bijaksana. Waspadai dan hindarilah dampak negatif medsos, fokuslah pada dampak positifnya manfaatkan untuk mengembangkan potensi diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s